Saturday, May 29, 2010

We SHOULD be Very Thankful

Well, baru aja nonton berita sore ini. Dan tadi ada satu liputan yang bikin heran. Beritanya tentang suporter tim sepakbola daerah *tebakajanamatimnya* yang bener-bener ngefans berat sama tim andalannya. Hm. Bayangin aja, dateng jauh-jauh dari daerah ke Jakarta demi nonton jagoannya main di stadion *entah Gelora Bung Karno atau bukan* beberapa hari lagi. Dari awal, mereka sama sekali ngga nyiapin akomodasi di Jakarta selama beberapa hari sebelum pertandingan sepakbola digelar nanti, cuma tenda-tenda sederhana yang jadi andalan mereka buat istirahat, di tengah kota yang sama sekali asing buat mereka.

Jauh-jauh berangkat dari kampung halamannya, suporter-suporter itu bermodalkan, paling banter, 100ribu rupiah. Bisa nebak gimana keadaannya sekarang? Yah, jelas aja 100ribu rupiah itu ambles hanya dalam 2 hari di Jakarta. Kehabisan uang, akhirnya mereka ngamen di jalan-jalan buat ngganjal perut.


Sebenernya banyak yang nasibnya sama kaya’ mereka di sekitar kita. Bukan cuma suporter-suporter nekat, setiap hari pasti kita liat anak-anak jalanan dan pengamen cilik yang mondar-mandir di sekitar lampu merah, pindah dari satu jendela mobil ke mobil yang lain demi koin-koin receh. Pernah ngebayangin ngga sih gimana mereka bisa bertahan hidup dengan bermodal ukulele atau kecrekan doang? Ngebayangin ngga, gimana rasanya kalo anak-anak yang duduk-duduk di pembatas jalan itu diri kita sendiri? Ngebayangin ngga, sudah berapa hari mereka puasa karna ngga punya makanan? Sama sekali ngga habis pikir kenapa segitu banyaknya orang yang nekat pergi ke Jakarta, padahal mereka tau, merantau itu ngga cukup bermodalkan nekat. Dan sekarang banyak yang terkatung-katung di jalanan.


Ngeliat mereka bener-bener ngga tega. Kerja dari pagi sampai malam non-stop buat ngebiayain hidup mereka. Malahan ada juga yang harus bayar setoran ke kordinator mereka. Mesti nyari uang buat makan hari ini, dan ngga tau apa besok mereka harus puasa lagi atau ngga.


Sedangkan kita? Harusnya kita bersyukur banget bisa disekolahkan di sekolah favorit oleh orang tua. Setiap hari kita makan nasi lengkap plus sayur dan lauk pauk yang sehat, ada mobil plus supir yang siap mengantar kita kemanapun kita mau, punya uang saku bulanan yang mungkin lebih sering kita habiskan buat hangout di mal ketimbang ditabung. Bukannya nge-judge anak-anak muda kota besar loh, cuma mau ngingetin supaya kita semua lebih sederhana dan hidup prihatin.

Punya sesuatu yang lebih itu jelas bukan dosa, tapi itu patut disyukuri lewat cara-cara yang baik, apalagi kalo sekalian bisa ngebantu orang lain yang lebih membtuhkan. Ngga ada salahnya kalo sekali-kali kita belajar mandiri tanpa bantuan orang tua, itung-itung mengurangi tanggungan mereka atas kita juga. Rasa kemanusiaan kita bisa ikut terasah juga loh ;)


Coba mulai sama-sama dari sekarang dan.........buktikan hasilnya :D

No comments:

Post a Comment